Daftar Hosting dan Domain Terbaik Iindonesia! CEK HARGA HOSTING&DOMAIN

19/09/12

Beberapa fakta khasiat dan manfaat kulit buah Manggis

Berikut merupakan beberapa fakta khasiat dan manfaat kulit buah Manggis yaitu:

  • Anti-peradangan (anti-inflamasi).
  • Anti-depresi.
  • Mencegah penyakit Alzheimer.
  • Mencegah penyakit Kanker.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Sebagai anti-oksidan.
  • Bermanfaat untuk mengatasi penyakit Jantung.
  • Bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Mencegah penyakit Diare.
  • Mencegah penyakit Urat Syaraf.
  • Mencegah penyakit Katarak.
  • Mencegah kerapuhan tulang.
  • Mengobati tekanan darah tinggi.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mengencangkan kulit.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mengurangi tingkat kegelisahan, cemas, dan kepanikan.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Dan Lain Lain

Khasiat kulit manggis untuk stroke


Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, karena itu manggis di dunia diberikan julukan ”Queen of Fruit” atau Si Ratu Buah.
Kulit manggis mengandung antioksidan paling tinggi sehingga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya penyakit stroke. zat xanthone yang antioksidan, antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial ini mampu memperlancar peredaran darah , membersihkan flak-flak dalam pembuluh darah dan memperhalus pembuluh darah sehingga tidak ada penyumbatan-penyumbatan dalam pembuluh darah.

Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatra Barat Kasma Iswari mengungkapkan temuan bahwa minuman kesehatan yang dibuat dari sari kulit buah manggis dapat mencegah tumbuhnya kanker dan tumor. Menurut dia di Arosuka, Selasa (6/3), kulit buah manggis memiliki kandungan zat xanthone yang cukup banyak. Itu merupakan molekul besar yang terdiri dari berbagai komponen super antioksidan, misalnya alpha-Mangostin, Garcinone A, beta-Mangostin, dan sebagainya.
Antioksidan itu diperlukan tubuh untuk mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas melalui perlindungan terhadap protein, sel, jaringan, dan organ-organ tubuh. “Xanthone juga terbukti untuk menetralkan radikal bebas. Selain itu juga mempunyai sifat sebagai antikanker, antiinflammatory, antimikroba, antialergi, menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula, serta dapat menyembuhkan stroke,” katanya. Menurut dia, dengan adanya temuan ini setidaknya bisa membantu masyarakat, terutama untuk mencegah pertumbuhan penyakit tersebut. itulah uraian tentang khasiat kulit manggis untuk stroke dan bagi anda yang ingin mengkonsumsi jus kulit manggis dengan praktis anda bisa mengkonsumsi xamthone plus yang mengandung ekstrak kulit manggis, sehingga anda lebih cepat dan mudah untuk mendapatkan jus kulit manggis

Manfaat Lain Kulit Buah Manggis
Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki kulit buah Manggis ini tentunya memberikan angin segar kepada siapapun yang mengharapkan kesembuhan dalam hidupnya. Para pasien yang menderita penyakit ringan, sedang, bahkan berat bisa sedikit bernafas lega dengan informasi bahwa kulit buah Manggis berpotensi menyembuhkan penyakit-penyakit mahal dan berat seperti penyakit jantung, tumor, kanker, hipertensi, kolesterol, dan lainnya.
Selain bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit yang sebagian telah disebutkan di atas, ternyata kulit buah Manggis juga memiliki manfaat lain sehubungan dengan berat badan. Kandungan xanthone dalam kulit buah queen of fruit ini dipercaya dapat menurunkan berat badan karena fungsinya yang juga bisa menstimulasi lemak dalam tubuh sehingga berkurang.

Selain bisa menjadi pemicu untuk menurunkan berat badan, xanthone juga berperan dalam mengobati ketegangan pada otot dan sendi. Kandungan anti-oksidan dalam kulit buah Manggis juga berperan untuk mencegah penuaan dini yang kerap terjadi pada beberapa orang.

Sel-sel kulit yang telah rusak bisa diperbaiki oleh anti-oksidan yang terkandung dalam kulit buah Manggis. Bahkan jika Anda mengonsumsi jus atau olahan dari kulit buah Manggis secara konsisten maka kulit akan terasa lebih kencang dan segar. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin selalu terlihat awet muda dan kulitnya terlihat kencang bisa mencoba mengonsumsi jus kulit buah Manggis secara berkala dan teratur. Ya, tidak sulit mendapatkan kulit buah Manggis sebagai sumber kesehatan Anda!
 
Khasiat kulit buah manggis untuk menghambat pertumbuhan sel kanker
Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthon di alam, tetapi lebih dari 40 jenis xanthon terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan terbanyak. Kulit buah buah manggis ini mengandung senyawa xanthon yang meliputi mangosting, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolizanthone, tovophylin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid, epicatechin, dan gartanin. Kadar xanthon di dalam kulit buah manggis mencapai 123,97 mg per ml. Xanthon berhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, diantaranya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker pencernaan, dan leukemia. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi sehinga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga dapat menyembuhkan penyakit tuberculosis (TBC), asma, dan sebagai aniinfalamsi serta anti diare. Tak hanya itu, kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk atasi penyakit jantung koroner dan HIV. Dan masih banyak lagi khasiat kulit buah manggis lainnya.

Khasiat kulit buah manggis untuk menghambat pertumbuhan bakteri

Kulit buah manggis diketahui mempunyai daya antimikroba terhadap beberapa bakteri. Diantaranya telah dilakukan penelitian terhadap aktivitas xanthon dalam kulit manggis terhadap pertumbuhan staphylococcus aureus yang seisten terhadap antibiotik metisilin. Hasilnya menunjukkan bahwa satu isolate aktif, alfamangostin, yang merupakan salah satu derivat xanthon, menghambat pertumbuhan bakteri tersebut dengan MIC sebesar 1,57-12,5 ug/mL.

Khasiat kulit buah manggis sebagai obat anti jamur

Kulit buah manggis juga bersifat anti jamur. Aktivitas anti jamur hasi isolasi beberapa xanthon (salah satu jenis zat warna pada manggis) yang berasal dari kulit buah manggis dan beberapa derivat mangostin dapat menghambat pertumbuhan jamur Fusarium axysporum, Alternaria tenuis, dan Drechela oryzae.

Khasiat kulit buah manggis sebagai perisai tubuh terhadap radikal bebas

Penelitian anti inflamasi dari kulit buah manggis dilakukan dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40%, yang mempunyai aktivitas penghambatan yang kuat terhadap pelepasan histamin dan sintesis prostaglandin E2 sebagai mediator inflamasi. Ekstrak metanol kulit buah manggis mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat.

Khasiat kulit manggis sebagai obat alami

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kulit buah manggis, terutama sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:
  • Kulit buah manggis sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan
  • Kulit buah manggis sebagai obat alami penyakit Disentri
    Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus denga 4 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum dengan madu bila perlu. Minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.
  • Kulit buah manggis sebagai obat Diare
    - Ambil kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum dengan madu seperlunya. Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
    - Cuci bersih 5 gr kulit buah manggis segar, 2 genggam daun senduduk muda yang masih segar, dan 3 lembar daun sembung segar. Rebus 1,5 gelas air besih sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum untuk tiga kali. Yaitu pagi, siang dan sore.
  • Kulit buah manggis sebagai obat Wasir
    Keringkan kulit buah delima dan kuit buah manggis, buat menjadi serbuk untuk diminum
  • Khasiat kulit buah manggis untuk menyembuhkan Radang Amandel
    Kumpulkan kulit buah manggis yang telah masak, cuci hingga bersih, dan masukkan kedalam air mendidih. Satu buah kulit manggis direbus dengan 2 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring lalu dinginkan. Gunakan untuk berkumur, usahakan sampai mengenai bagian amandel, tetapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi.
  • Kulit buah manggis sebagai obat sariawan
    Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus denga 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk berkumur dan diminum. Lakukan 3-6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.
  • Kulit buah manggis dapat mempercepat penyembuhan luka dan gigitan serangga
    Kulit buah manggis yang telah kering ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak, lalu diletakkan pada luka atau bengkak gigitan serangga.
  • Kulit buah manggis dapat memutihkan gigi
    Kulit buah manggis dibakar dan ditumbuk hingga halus dan gunakan sebagai pasta gigi.
  • Khasiat kulit buah manggis untuk Rematik/asam urat/kanker
    Kulit buah manggis diiris kecil-kecil, kemudian dijemur sampai kering. Celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam 2 gelas air panas. Setelah hangat dan warna air menjadi ungu, ramuan dapat diminum. Rasanya agak sepet tapi enak
  • Khasiat kulit buah manggis untuk meredakan berak berdarah
    Ambil kulit manggis, cuci dan keringkan (dijemur sampai kering). Rebus bersama 5 cawan air hingga tinggal 1 cawan pekat. Minum secara teratur
  • Khasiat kulit buah manggis untuk mengobati pendarahan bagi wanita
    Ambil kulit dari 1/2 buah manggis, rebus lalu diminum.
    Gejala pendarahan pada wanita adalah sebagai berikut:
    -Keluar darah diluar haid -Darah keluar selama 1 bulan tanpa henti
    -Keluar darah dari kemaluan setelah buang air besar 
  • Kulit buah manggis sebagai minum tonik
    Air rebusan kulit buah manggis digunakan sebgai minuman tonik.
Kulit buah manggis dapat digunakan untuk meredakan dan mengobati keputihan, nyeri tenggorokan, radang selaput lendir kandung kemih, radang usus, suplemen diet, antioksidan, dan antikanker, serta meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi pengidap HIV/Aids

Sumber :
http://acemaxsmurah.com/khasiat-kulit-buah-manggis/ 
http://www.munahkomalasari.com

3 komentar:

  1. khasiat ekstrak kulit manggis memang terbukti, sudah banyak riset/penelitian tentang ini..info yang sangat berguna sekali pak.saya pun sudah membuktikan, terima kasih pak atas infonya

    BalasHapus
  2. Iya pak sama sama. Banyak bahan dari alam yg jika kita kelolah bs menjadi obat. Semoga berkah dan kita selalu sehat. Amin.. thank komentarnya.

    BalasHapus

Silahkan isi komentar Anda...